Sunday, March 26, 2017

Jenis –jenis Periferal

Jenis dan  fungsi  peripheral Peripheral  komputer  adalah  berbagai  komponen  yang  terhubung  ke  CPU (Central  Processing  Unit)  yang  berfungsi  sebagai  perangkat  Input  dan  Output data  kedalam  dan  keluar  CPU  yang  selanjutnya  diproses  oleh  sistem komputer  untuk  mengolah  data  Input  yang  di-Input  oleh  periferal  Input  seperti Mouse,  Keyboard,  Scaner,  Recording  Device,  WebCam.  Data  input  ini  dapat berupa  data  Dokumen,  Suara,  Gambar,  Gerakan  dan  Video.  Selanjutnya data  yang  telah  dimasukan  kedalam  komputer  akan  diolah  oleh  peralalatan Process  untuk  menghasilkan  data  Output  yang  akan  ditampilkan  dalam bentuk  nyata  atau  tidak  oleh  Periferal  Output  misalnya  berupa  Dokumen, Suara,  Gambar,  dan  Video  yang  dihasilkan  oleh  Periferal  sepert  Monitor, Printer,  Plotter,  Speaker,  HeadSet,  dsb. Periferal  termasuk  dalam  katagori  Hardware  yang merupakan  bagian  dari  tiga komponen utama  komputer  yaitu :   Hardware              : adalah  perangkat  keras  yang  dapat  berupa benda/komponen     fisik  yang secara  nyata  dapat  disentuh  dan  dilihat.   Software                : adalah  perangkat  lunak  yang  berfungsi  untuk menjalankan  harware  berdasarkan  perintah  yang  di-Inputkan  oleh Brainware  melalui  software  sehingga  hardware  dapt  digunakan  dan difungsikan.   Brainware              :  adalah  perrngakat  akal  yang  memanajemen  atau berfungsi  untuk  memasukan  perintah  agar  Software  dan  Hardware  dapat beroprasi  sesuai  dengan  fungsinya. Berdasarkan  kegunaannya,  periferal  komputer  terdiri  dari  2  (Dua)  tipe  yaitu sebagai  berikut  :   Peripheral  Utama  (Main  Periferals)  :  yaitu  tipe  periferal  yang keberadaannya  harus  ada  pada  saat  menjalankan  komputer  misalnya Mouse,  Keyboard  dan Monitor.
  Peripheral  Pendukung  (Out  Sillary  Periferals)  :  yaitu periferal  pendukung yang  keberadaannya  tidak  harus  ada  pada  saat  menjalankan  komputer misalnya Printer,  Speaker,  WebCam,  Scaaner  dsb. Sesuai  dengan  penjelasan diatas,  maka  peripheral  yang  termasuk  kedalam Hardware  memiliki  fungsi  tertentu  untuk  dapat  memasukan  atau  mengeluarkan data  ke/dari  komputer.   Berikut  fungsi  dari  beberapa  peripheral  dalam  komputer  yang dikelompokkan dalam  fungsinya(perangkat  Masukan/input  dan perangkat  Keluaran/output) 1.  Perangkat  Masukan Perangkat  masukan  (bahasa  Inggris:  input  device)  adalah  semua  periferal (perangkat  keras  komputer)  yang  digunakan  untuk  memberikan  data  dan  sinyal kendali  untuk  suatu  sistem  pemrosesan  informasi,  misalnya  komputer.  Perangkat masukan  dapat  dikelompokkan  berdasarkan  beberapa hal:   (a)  cara  masukan,  misalnya melalui  gerak  mekanis  atauaudio;   (b)  masukan  diskret  (tekanan  tombol)  atau  kontinu  (posisi  tetikus);  serta   (c)  derajat  kebebasan  gerakan,  misalnya  dua  dimensi  pada  tetikus  standar  dan tiga  dimensi  pada  navigator  untuk  aplikasi  CAD.  Jenis  perangkat  masukan  utama antara  lain  adalah  papan  ketik,  perangkat  penunjuk,  pemindai,  perangkat masukan  video (kamera,  dll.),  serta  perangkat  masukan  audio  (mikrofon,  dll.). Perangkat  Pengetikan Keyboard Keyboard  merupakan  unit  input  yang  paling  penting dalam  suatu  pengolahan data dengan  komputer.  Keyboard  dapat  berfungsi  memasukkan  huruf,  angka, karakter  khusus  serta sebagai  media bagi  user  (pengguna)  untuk  melakukan perintah-perintah  lainnya yang  diperlukan,  seperti  menyimpan  file  dan  membuka file.  Penciptaan  keyboard  komputer  berasal  dari  model  mesin  ketik  yang diciptakan  dan dipatenkan oleh  Christopher  Latham  pada  tahun  1868,  Dan  pada tahun  1887  diproduksi  dan  dipasarkan  oleh  perusahan  Remington.  Keyboard yang  digunakanan  sekarang ini  adalah  jenis  QWERTY,  pada  tahun  1973, keyboard  ini  diresmikan  sebagai  keyboard  standar  ISO  (International  Standar Organization).Jumlah  tombol  pada  keyboard  ini  berjumlah  104  tuts.Keyboard sekarang  yang  kita  kenal  memiliki  beberapa  jenis  port,  yaitu port  serial,  ps2,  usb dan wireless. Jenis-Jenis  Keyboard  : 1.)  QWERTY 2.)  DVORAK 3.)  KLOCKENBERG
Keyboard  yang  biasanya dipakai  adalah  keyboard  jenis  QWERTY, yang  bentuknya ini  mirip  seperti  tuts  pada  mesin tik.  Keyboard QWERTY memiliki  empat  bagian  yaitu  : 1.  typewriter  key 2.  numeric  key 3.  function  key 4.  special  function  key. ATM  (Automated  Teller  Machine) Biasa  disebut  Anjungan  Tunai  Mandiri  biasa  digunakan  dalam  perbankan. Perangkat  ini  memungkinkan  kita  melakukan  transaksi  pengambilan  uang  tunai, pembayaran  berbagai  jenis  tagihan,  transfer  uang. ATM  bekerja  sebagai  perangkat  I/O  sekaligus.  Sebagai  perangkat  masukan, ATM  memungkinkan  pemakai  memasukkan  nomor  PIN  (Personal  Identification Number),  angka  uang,  dan  hal-hal  lain  yang  tersedia  pada  menu.  Adapun sebagai  perangkat  keluaran,  ATM  memungkinkan  pemakai  (petugas  bank) melihat  perintah  maupun  kode  dang  angka  yang  diketikkan  pada  perangkat masukan.
Point  of  Sale  (POS) Merupakan  perangkat  yang digunakan  pada  toko-toko untuk  memasukkan  data pembelian.  Biasanya perangkat  ini  selain berisi  tombol  seperti  keyboard,  lengkap dengan  angka-angka,  juga  masih  ditambah  fasilitas yang  memungkinkan  untuk memproses  kartu  kredit  atau  kartu  debit. Point  Of  Sale atau  disingkat  POS  dapat  diterjemahkan  bebas  menjadi  sistem kasir,  yaitu aktivitas yang ber-orientasi  pada penjualan  yang  terjadi  pada  bidang usaha  retail.  Mengapa POS  ini  menjadi  terlihat  sangat  penting?  Hal  ini  sematamata  adalah  karena POS  merupakan  terminal  tempat  uang  diterima  dari pelanggan  ke  toko  retail.  Bagi  pemilik  usaha,  uang masuk  adalah  indikator  yang paling  mudah  untuk  mengukur  pendapatan,  yang  disebut  dengan  OMZET. POS juga  menjadi  penting  karena  seiring  dengan  berkembangnya usaha,  sistem kasir  akan  dijalankan  bukan  oleh  pemilik,  namun  oleh  karyawan.  Karena itu pemilik  wajib tahu  apa  yang dikerjakan  oleh  kasir,  dan  berapa  uang  yang didapatkan  secara  tepat. Karena itu  dewasa  ini,  sistem  POS  atau  kasir  telah digantikan  oleh  sistem komputer  kasir.  Walaupun tahap  implementasi  awal  terlihat  lebih rumit,  namun fitur  yang  disediakan  jauh melebihi  dari  cash  register.

Perangkat  Penunjuk Perangkat  penunjuk  (bahasa  Inggris:  pointing  device)  adalah  perangkat  masukan (lebih  spesifiknya,  perangkat  antarmuka  manusia)  yang  memungkinkan pengguna  untuk  memasukkan  data  spasial  (kontinu  dan  multidimensi)  ke  dalam suatu  komputer.  Sistem  CAD  dan  antarmuka  pengguna  grafis  (GUI) memungkinkan  pengguna  untuk  mengendalikan  dan  memberikan  data  kepada komputer  dengan  menggunakan  gestur  fisik—tunjuk,  klik,  dan  seret—misalnya dengan  menggerakkan  tetikus  di  atas  permukaan  destop  fisik  dan  mengaktifkan tombol  pada  tetikus  tersebut.  Gerakan  perangkat  penunjuk  akan  diteruskan  ke layar  dengan  bergeraknya  penunjuk  atau  kursor  serta  berbagai  perubahan  visual lain. Perangkat  penunjuk  secara  umum  dapat  dibagi  menjadi  dua  jenis,  yaitu  yang berdasarkan  gerakan  objek  dan  yang  berdasarkan  sentuhan  pada  suatu permukaan.  Contoh  jenis  pertama  adalah  tetikus  dan  bola  jejak  (trackball), sedangkan  contoh  jenis  kedua  adalah  bantalan  sentuh  (touchpad),  tablet  grafis (graphics  tablet),  layar  sentuh,  dan  tuas  kontrol. Mouse Sebuah  mouse  adalah  perangkat  genggam  kecil  yang  mendorong  di  atas permukaan  horisontal.  Sebuah  mouse  pointer  bergerak  grafis  dengan  menjadi meluncur  di  permukaan  halus.  Mouse  roller-bola  konvensional  menggunakan bola  untuk  membuat  tindakan  ini:  bola  berada  dalam  kontak  dengan  dua  lubang kecil  yang  ditetapkan  di  sudut  kanan  satu  sama  lain.  Saat  bola  bergerak  memutar poros  tersebut,  dan  rotasi  diukur  oleh  sensor  di  dalam  mouse.  Jarak  dan  arah dari  sensor  ini  kemudian  ditransmisikan  ke  komputer,  dan  komputer  bergerak pointer  grafis  pada  layar  dengan  mengikuti  gerakan  mouse.  Mouse  lain  yang umum  adalah  mouse  optik.  Perangkat  ini  sangat  mirip  dengan  mouse konvensional  tetapi  menggunakan  cahaya  tampak  atau  inframerah  bukannya bola roller-untuk  mendeteksi  perubahan  posisi .

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.